Sabtu, 13 Maret 2010

Mengapa Harus Belajar Bahasa ARab

Belajarlah semua hal, karena tak seorangpun akan diberitahukan tentang apa pekerjaannya, dan dimana ia akan bekerja.
pelajarilah banyak bahasa, karena dengan banyak bahasa itu engkau akan mendapatkan kunci-kunci kesuksesan.

Mengapa dg bahasa kita akan menemukan kesuksesan ?
karena diantara kunci kesuksesan itu ialah kemampuan komunikasi yg baik dan mempelajari unsur-unsur keunikan dari literatur asing yg akan membantu dlm mengihupkan karekter diri dg bercermin pada kehidupan di luar. keduanya tak mungkin didapat kecuali dg mempelajari bahasa.

ikhwah fillah ... Umar bin khattab pernah berpesan "bersungguh-sungguhlah engkau mempelajari bahasa arab, karena sesungguhnya ia adalah bagian dari agama kalian".

ust Hasan Al-Banna pun begitu menekankan pd ikhwan agar sekuat kemampuannya ia bersungguh-sungguh mempelajari bahasa Arab.

Literatur yg legitimed dlm Islam adalah Al-Qur'an dan hadits Rasulullah saw keduanya berbahasa Arab, bahkan cara menafsirkannya pun haruslah bersumber dr kaedah bahasa Arab itu sendiri.

Di ayat Al-Qur'an pun Allah tegaskan bahwa Al-Qur'an diturunkan dlm bahasa arab.

Dalam ilmu kependidikan kita akan menemukan ada istilah kecerdasan languistic (kecerdasan berbahasa), orang yang memiliki kecerdasan ini akan mudah memahami dan mempelajari bahasa baik bahasa ibu ataupun bahasa asing baginya, diantara contohnya ialah seorang sahabat rasulullah yg memiliki lbh kurg 100 pembantu dari berbagai suku, dan ternyata setiap kali ia berkomunikasi dg pembantunya itu beliau menggunakan bahasa suku pembantunya itu, artinya ia bahkan telah mampu menguasai lebih kurang 100 bahasa.
Lalu ada yg bertanya tentang orang yg tak memiliki kecerdasan itu, kemudian mereka pun berdalih dgnya untuk bermalas-malasan dlm belajar bahasa.
sesungguhnya bahasa bukan hanya sebuah kecerdasan yg harus diikuti dg potensi awal yg memadai, namun bahasa adalah kebiasaan (al-lughah hiya l-'adah) kemudian mari kita liht pula kejadian manusia yg belum bisa berkata apa-apa lalu iapun berubah mampu berkata-kata sejalan dg pertumbuhannya serta karena ia sering melihat orang lain berkata-kata.

Lain lagi dg Sahabat Rasulullah Hasan bin Tsabit yg diperintahkan Rasulullah langsung untuk mempelajari bahasa ibrani dan suryani dan beliaupun mampu menguasainya dg waktu singkat.

Lalu, seorang penulis muda pernah menyampaikan bahwa ternyata Allah telah memberikan signal bgmn langkah awal agar kita bisa mempelajari bahasa, ayat itu menceritakan bahwa Allah mengajari Adam nama-nama yg ada di bumi, sedang dlm istilah arabnya ialah asma' jamak dari ism. Lalu untuk kita yg ingin memulai belajar bahasa arab, cobalah untuk memulai dg mempelajari qaedah dasar terutama dlm penjelasan isim-isim dlm bahasa arab,

ikhwah ... mari kita tingkatkan kemampuan bahasa arab yg kita miliki dg brbagai cara yg kita anggap mudah oleh kita.

cintailah bahasa arab karena 3 hal
1. krn Al-Qur'an brbahasa arab
2. Rasulullah adalah orng arab
3. bahasa ahlul jannah di jannah adalah bahasa arab.

wallahu a'lam ....

Tidak ada komentar: